Pages

CHEMISTRY IS A MIRACLE ONE
Subscribe:

Rabu, 23 September 2009


Pencemaran
Oleh: Dahvia Arisma W

Sekitar seratus tahun yang lalu, problem pencemaran telah menjadi masalah lingkuangan yang menarik, ramai didiskusikan oleh masyarakat di kalangan nasional maupun internasional. Pencemaran merupakan salah satu masalah yang perlu penanganan khusus karena dampaknya mempengaruhi semua pihak. Sebisa mungkin untuk melakukan preventif supaya pencemaran lingkungan jangan sampai terjadi.
Pencemaran lingkungan terjadi apabila daur materi dalam lingkungan hidup mengalami perubahan yang signifikan, sehingga keseimbangan struktur dan fungsinya terganggu. Perubahan daur materi dapat disebabkan oleh peristiwa alam ataupun perbuatan manusia. Di masa modern ini banyak banyak kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan teknologi yang menyebabkan pencemaran lingkungan. Manusia merupakan komponen lingkungan hidup biotik yang dengan sengaja mengubah keadaan lingkungan hidup.
Manusia berusaha mengubah lingkungan hidupnya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup tetapi usaha tersebut dapat menimbulkan pencemaran. Manusia juga dapat mengubah lingkungan yang tercemar karena perbuatannya sendiri menjadi keadaan yang yang seimbang, manusia juga dapat mencegah terjadinya pencemaran .
Pencemaran lingkungan adalah peristiwa penyebaran bahan kimia dengan kadar tertentu yang dapat mengubah keadaan keseimbangan pada daur matter, baik keadaan struktur maupun fungsinya, sehingga mengganggu kesejahteraan manusia. Pencemaran lingkungan perlu memperoleh penanganan dari semua pihak karena pencemaran mengganggu kesehatan, kesejahteraan dan kenyamanan manusia.
Ilmu kimia lingkungan adalah ilmu yang mempelajari komposisi, sifat-sifat terbentuknya bahan kimia serta reaksi- reaksi yang terjadi pada bahan kimia yang tersebar dalam lingkungan hidup. Berdasarkan pada medium fisik dari lingkungan tempat tersebarnya bahan kimia ini ( tanah, udara, dan air), maka pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh bahan kimia dapat dibagi menjadi tiga macam yaitu:
1. Pencemaran tanah
2. Pencemaran udara
3. Pencemaran air
Perubahanan bahan kimia yang tersebar dalam ketiga medium fisik lingkungan, secara langsung ataupun tidak akan berpengaruh pada kesehatan, kesejahteraan dan kenyamanan manusia dan mahkluk hidup lainnya. Pada air misalnya untuk kebutuhan minum, memasak, pembersihan, pertanian dan industry.Pada tanah misalnya untuk pertanian dan tempat tinggal. Terlebih udara, semua mahkluk yang hidup membutuhkan udara untuk bernafas.

0 comments:

Posting Komentar